Desain Arsitektur Menggunakan Perangkat Lunak


Budi hartono adalah Konsultan Prinsipal di jakarta dan dia juga menerima jasa arsitek rumah . Kepentingan b. budi dalam membangun aplikasi dari layanan berkolaborasi kecil berawal dari latar belakang dalam mengintegrasikan sistem perusahaan secara skala. Dia membangun sejumlah sistem yang menggunakan microservices dan telah menjadi peserta aktif di komunitas yang sedang tumbuh selama beberapa tahun pada jasa arsiteknya.

Martin adalah seorang penulis, pembicara, dan juru bicara umum mengenai pengembangan perangkat lunak. Dia sudah lama bingung dengan masalah bagaimana mengomposisikan sistem perangkat lunak, setelah mendengar lebih banyak klaim samar daripada yang dia senangi. Dia berharap agar layanan mikroskop akan memenuhi janji awal yang telah ditemukan oleh para pendukungnya.

"Microservices" - satu lagi istilah baru di jalan-jalan yang ramai dari arsitektur perangkat lunak. Meskipun kecenderungan alami kita adalah melewatkan hal-hal semacam itu dengan tatapan menghina, sedikit terminologi ini menggambarkan gaya sistem perangkat lunak yang semakin kita temukan semakin menarik. Kami telah melihat banyak proyek menggunakan gaya ini dalam beberapa tahun terakhir, dan hasilnya sejauh ini positif, begitu banyak sehingga bagi banyak rekan kami ini menjadi gaya default untuk membangun aplikasi enterprise. Sayangnya, bagaimanapun, tidak banyak informasi yang menguraikan gaya microservice dan bagaimana melakukannya.

Singkatnya, gaya arsitektur microservice adalah sebuah pendekatan untuk mengembangkan satu aplikasi sebagai rangkaian layanan kecil, masing-masing berjalan dalam prosesnya sendiri dan berkomunikasi dengan mekanisme yang ringan, seringkali merupakan API sumber HTTP. Layanan ini dibangun di seputar kemampuan bisnis dan dapat dipecat secara independen oleh mesin penyebaran otomatis sepenuhnya. Ada sedikit minimal pengelolaan terpusat dari layanan ini, yang dapat ditulis dalam bahasa pemrograman yang berbeda dan menggunakan teknologi penyimpanan data yang berbeda.

My Microservices Resource Guide menyediakan link ke artikel, video, buku, dan podcast terbaik tentang microservices.

Untuk mulai menjelaskan gaya microservice, jasa arsitek rumah murah gunanya membandingkannya dengan gaya monolitik: aplikasi monolitik yang dibangun sebagai satu kesatuan. Aplikasi Enterprise sering dibangun di tiga bagian utama: antarmuka pengguna sisi klien (terdiri dari halaman HTML dan javascript yang berjalan di browser pada mesin pengguna) database (terdiri dari banyak tabel yang dimasukkan ke dalam manajemen basis data umum dan biasanya relasional. sistem), dan aplikasi sisi server. Aplikasi sisi server akan menangani permintaan HTTP, menjalankan logika domain, mengambil dan memperbarui data dari database, dan memilih dan mengisi tampilan HTML untuk dikirim ke browser. Aplikasi sisi server ini adalah monolit - satu executable logis [2]. Setiap perubahan pada sistem melibatkan pembuatan dan penerapan versi baru dari aplikasi sisi server.
Seperti server monolitik adalah cara alami untuk mendekati membangun sistem seperti itu. Semua logika Anda untuk menangani permintaan berjalan dalam satu proses, memungkinkan Anda untuk menggunakan fitur dasar bahasa Anda untuk membagi aplikasi ke dalam kelas, fungsi, dan ruang nama. Dengan hati-hati, Anda dapat menjalankan dan menguji aplikasi di laptop.

Komentar

Postingan Populer