Binahong Daun dan manfaat efek samping bagi kesehatan tubuh


Nama tanaman atau daun binahong mungkin masih sedikit disebagian selera asing masyarakat Indonesia. Tapi itu bisa saja tanaman merambat yang satu ini tumbuh di sekitar rumah Anda. Bentuk daunnya sendiri mirip seperti bentuk cinta, sehingga terkadang memberi kesan romantis.
Tumbuhan ini juga termasuk dalam tanaman yang panjang dan memiliki tangkai yang cukup pendek. Daunnya memiliki ujung yang runcing dan alas yang melengkung dan tentu saja bisa dimakan. Fakta lain yang perlu Anda ketahui tentang daun ini ternyata manfaat daun binahong yang cukup banyak. Namun sayangnya masih sedikit orang yang menyadari manfaat dari daun binahong ini.

Ciri khas dari tanaman Binahong ini adalah:

Binahong Batang lemah, bercabang, bulat, lunak dan bukan Woody
Batangnya merayap dan mencabut akar
Memiliki satu daun dengan tata-letak berseling
Memiliki bunga majemuk yang muncul dari ketiak daun dan berukuran sekitar 3 - 21 cm
Bunga mahkota berwarna putih dengan ujung ungu

Tumbuhan ini berasal dari beberapa negara. Seperti di Korea, daun binahong dapat ditemukan dengan mudah di dalam negeri dan juga gingseng digunakan sebagai bahan obat-obatan sejak zaman dahulu kala. Di Cina ada juga tanaman binahong ini, tetapi lebih dikenal dengan nama Deng San Chi. Komunitas Cina menggunakan hampir semua bagian dari pabrik binahong untuk perawatannya. Demikian pula, di negara-negara Afrika, di hutan Madagaskar, binahong memang terkenal sebagai obat kuat untuk menyembuhkan penyakit. Sekarang tanaman binahong sudah dapat ditemukan di Indonesia, selain karena tanaman dapat tumbuh di iklim Indonesia juga karena kegunaannya begitu banyak sebagai tanaman obat pada khususnya.

Semua bagian dari tanaman binahong dapat difungsikan sebagai obat tetapi sering dibuat adalah bagian dari daun. Daun Binahong diyakini memiliki banyak kandungan yang sangat berguna untuk menyembuhkan suatu penyakit. Beberapa konten penting dari daun binahong adalah:

Saponin
Senyawa aktif yang menyerupai batang sabun dan ada di permukaan daun adalah binahong. Mencair dan melarutkan senyawa ini akan memberikan hasil sebagai zat pelindung tubuh yaitu zat, anti bakteri, anti mikroba dan anti virus. Saponin juga rupanya bisa membentuk kolagen berfungsi sebagai protein untuk menyembuhkan luka. Manfaat lain dari Saponin adalah sebagai pembersih dalam tubuh, menurunkan kolesterol dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Minyak esensial
Minyak ini memiliki banyak manfaat seperti penggunaan yang baik dari obat antiseptik alami dari dalam atau luar tubuh. Selain minyak esensial ini juga berfungsi sebagai obat penenang,analgesik, hemolitik, enzimatik dan stimulan. Untuk pemakaian secara eksternal dapat memperoleh minyak ini dengan cara distilasi karena termasuk minyak atsiri dari eteris. Minyak esensial segar dari kilang tidak akan berwarna jika terlalu lama di udara terbuka akan teroksidasi dan berubah warna. Segeralah simpan minyak esensial di tempat yang terlindung sangat senang tidak hilang.

Alkaloid
Merupakan zat yang memiliki sifat hipoglikemik. Zat ini diperlukan untuk penderita diabetes karena berfungsi sebagai penurun kadar gula dalam tubuh.

Asam askorbat
Satu zat dalam daun binahong sangat berguna dalam menyembuhkan luka atau luka bakar. Ketika terkena luka maka kemungkinan juga akan terkena infeksi pada luka, ini adalah fungsi dari asam askorbat. Senyawa ini akan mempercepat penutupan luka sehingga mencegah terjadinya infeksi.

Antioksidan
Merupakan zat yang berperan penting dalam melawan karsinogen dari radikal bebas dalam tubuh dan mencegah terjadinya kanker.

Asam oleanolic
Merupakan senyawa yang berfungsi sebagai anti radang atau peradangan. Kehadiran zat-zat ini dapat membantu mengurangi rasa sakit saat lukanya.
Kandungan lain yang ditemukan pada daun binahong dan sangat baik untuk kesehatan seperti mono polisakarida, polifenol, L-arabinosa, L-rhamnose, D-glukosa, D-Galaktose, flavonoid dan protein. Begitu banyak ternyata konten yang bermanfaat dalam tanaman binahong ini sangat wajar jika sangat populer digunakan sebagai penyembuhan penyakit berat atau penyakit ringan. Meskipun di Indonesia itu sendiri digunakan lebih sedikit, tetapi sekarang banyak yang sadar akan manfaat daun binahong, yang meninggalkan binahong sebagai ramuan obat dan menanamnya untuk kemudian berfungsi sebagai ramuan kesehatan terapeutik.

Komentar

Postingan Populer